MINGGU KE-41

Perkembangan Bayi Anda:

Panjangnya kini mencapai lebih dari 50 cm, dengan terus tumbuh dan berkembangnya bayi Anda, kini beratnya telah mencapai sekitar 3,6 kg. Meski bayi Anda merasa nyaman berada di dalam kandungan, tapi ia tidak bisa disana terus. Demi keamanannya, biasa dokter kandungan Anda akan melakukan induksi jika minggu depan Anda belum juga melahirkan. Bahkan prosedur tersebut bisa dilakukan lebih cepat, jika terjadi masalah lebih serius.

Tim medis tidak akan membiarkan Anda menunggu hingga lebih dari dua minggu dari waktu perkiraan kelahiran Anda. Memang ada sekitar 5 hingga 6% wanita meneruskan kehamilannya hingga lebih dari dua atau tiga minggu dari waktu kelahirannya. Tapi, biasanya bayi yang lahir pada usia kandungan lebih dari 42 minggu akan mengalami kulit kering dan kelebihan berat badan.

Proses persalinan yang dilakukan ada usia lebih dari 42 minggu akan meningkatkan risiko komplikasi pada Anda dan juga bayi Anda, seperti infeksi pada rahim yang akan membahayakan bayi Anda bahkan risiko kematian pada bayi Anda. Terlebih lagi, Anda dan bayi Anda akan berisiko mengalami luka pada saat persalinan serta risiko lebih besar lagi untuk operasi sesar


Perubahan Pada Tubuh Anda:

Sulit untuk menghilangkan rasa cemas jika tanda-tanda melahirkan tidak kunjung tiba. Tapi janganlah resah, lagipula tidak mungkin Anda akan mengandung selamanya. Minggu ini adalah waktu kelahiran sang bayi, dan jika sampai minggu Anda tidak juga melahirkan, Anda akan diinduksi pada usia kehamilan 42 minggu, atau bahkan lebih cepat lagi jika ada permasalahan sangat serius pada Anda dan bayi Anda.

Metode induksi yang akan dilakukan tergantung dari kondisi leher rahim Anda. Jika leher rahim Anda belum juga matang (melunak, membuka), maka Anda tidak perlu diinduksi. Dokter kandungan Anda akan melakukan metode hormonal atau mekanik untuk membuka (mematangkan) leher rahim Anda sebelum menginduksi. Prosedur yang akan dilakukan tergantung dari kondisi Anda, bisa saja dokter langsung memecahkan kantung ketuban atau menggunakan obat oksitosin untuk memulai kontraksi. Jika semua metode tersebut tidak berhasil, maka operasi sesar menjadi pilihan terakhir.

Sementara itu, segera hubungi dokter atau pergi ke rumah sakit jika pergerakan bayi Anda melambat atau vagina Anda mengeluarkan cairan.